Petunjuk Penggunaan : MENU LAPORAN

Inilah kemudahan yang ditawarkan aplikasi ini. Cukup dengan menginputkan barang masuk dan barang keluar secara teratur dan rutin, semua laporan yang dibutuhkan sebagaimana Permendagri Nomor 17 Tahun 2007 sudah dibuat dan siap cetak.
Menu laporan terdiri atas laporan yang dicetak bulanan, triwulanan, semesteran, dan tahunan. Laporan tersebut dapat dicetak sewaktu-waktu sesuai kebutuhan.


Laporan Bulanan 
Laporan Penerimaan, Penyaluran dan Stok : Berisi laporan penerimaan, pemakaian dan sisa stok barang pakai habis dan persediaan.

Laporan TriwulananBerita Acara Stok Opname : laporan yang berisi berita acara pemeriksaan antara kuasa pengguna barang dengan penyimpan barang beserta lampirannya.

Laporan Semesteran Laporan Semesteran (Lamapiran 15) : dicetak setiap akhir semester

Laporan Tahunan

  1. Kartu Barang (Lampiran 12) dan Kartu Persediaan Barang (Lampiran 13) memiliki format yang hampir sama, laporan dapat dicetak per satuan barang dengan cara memilih barang pada tabel kemudian klik tombol cetak.Selain di menu laporan, kartu barang dapat dicetak di menu BARANG > BARANG dan menu BARANG > KELUAR. 
  2. Daftar Pengadaan Barang (Lampiran 4)
  3. Buku Penerimaan Barang (Lampiran 8)
  4. Buku Pengeluaran Barang (Lampiran 9)
  5. Buku Barang Pakai Habis (Lampiran 11)
Laporan Tahunan dicetak setiap akhir tahun, kemudian dijadikan buku sebagai bahan pemeriksaan oleh tim pemeriksa jika ada permintaan. Format laporan tersebut dibuat berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah.

Laporan / Cetakan Pendukung Lainnya
  •  Permintaan Per Bidang : untuk mengetahui banyaknya barang yang diminta per bidang per bulan.
  • Rincian Barang Masuk : Rincian barang masuk per bulan
  • Rincian Barang Keluar  : Rincian barang keluar per bulan
  • Rekap Setahun : laporan sebagaimana laporan bulanan, namun berisi semua transaksi rekap selama satu tahun.
  • Laporan Barang Kadaluarsa : laporan untuk mengetahui barang yang akan kadaluarsa dalam bulan itu atau setahun (centang ‘Setahun’).
  • Data Barang Per Lokasi : laporan untuk mengetahui nama dan jenis barang yang ada pada lokasi penyimpanan barang. 
Laporan lainnya dapat ditemukan di menu UTILITY :
  • Cetak Stok : ada di menu UTILITY > STOK 
  • Cetak SPJ (Surat Pesanan, BA Pemeriksaan, BA Serah Terima ) : ada di menu UTILITY > Edit Barang Masuk. Cetakan ini berfungsi untuk membuat SPJ sederhana sehingga mempermudah pembuat SPJ dalam membuat laporannya.
  • Cetak BA Serah Terima Barang dari Pengurus Barang kepada Staf : ada di menu UTILITY > Edit Barang Keluar
Laporan cetak stok barang per lokasi dapat ditemukan di menu BARANG>LOKASI.

0 Response to "Petunjuk Penggunaan : MENU LAPORAN"

Posting Komentar

amazon

Entri Populer