troubleshooting komputer - mencetak
Dapatkan ebook panduan dasar troubleshooting komputer silahkan lihat ebooknya dan semua materi panduannya dengan mengklik troubleshooting komputer agar sobat bisa mempelajari dan memperbaiki komputer/laptop juga komponen-komponen nya secara mandiri.
Cara Mengatasi Ketika� Printer Tidak Dapat Mencetak
Printer pada saat sekarang ini merupakan perangkat yang luar biasa. Harganya murah, mudah diinstal dan digunakan, dapat mencetak foto berwarna dan teks � yang jelas mampu memperbanyak dokumen aslinya. Tak ayal lagi, ketika printer Anda ngadat, cara mengatasinya menjadi hal yang membingungkan. Untunglah, cara-cara sederhana yang biasa dilakukan dapat membantu Anda mengatasi 95% masalah-masalah dalam hal cetak-mencetak. Solusi dalam tulisan ini dapat diterapkan pada semua jenis printer yang berjalan di dalam sistem operasi Windows XP Home, dan dengan sedikit modifikasi solusi-solusi ini juga dapat diterapkan pada versi Windows yang lain juga.
Pertama-tama, pastikan printer sudah menyala dan terhubung ke komputer dengan benar. Periksa lampu dan tulisan pada printer untuk memastikan printer dalam keadaan siap. Beberapa jenis printer printer dilengkapi dengan lampu indikator; jenis printer lain menampilkan tulisan. Jika perlu, periksa panduan manual penggunaan printer untuk memahami sinyal-sinyal yang diindikasikan lampu. Jika ternyata printer tidak dalam keadaan siap, cari petunjuk mengenai hal ini. mungkin ada kertas yang macet didalm printer, persediaan kertas habis, atau tintanya habis. Jika tidak ada masalah dengan kertas atau tinta, matikan printer, tunggu sejenak, dan nyalakan kembali.
Jika Anda mencetak dari media portabel seperti disket, flashdisk, CD, atau DVD, copy file terlebih ke dalam hardisk. Pastikan masih ada ruang di dalam hardisk (setidaknya tiga atau lima kali ukuran file) agar Windows dapat memproses file tersebut untuk kemudian dicetak kembali.
Jika printer terhubung melalui kabel khusus seperti USB hub, lepaskan kabel tersebut, hubungkan kabel printer langsung ke CPU, lalu coba cetak dokumen tersebut. Jika cara ini dapat mengatasi masalah, maka Anda perlu menyingkirkan kabel hub tersebut, atau printer Anda tidak akan berfungsi.
Jika dokumen yang akan dicetak tidak ada dalam daftar antrian pencetakan, coba cetak dokumen tersebut dari awal. Perhatikan apakah ada perubahan status pada printer yang ditunjukkan oleh lampu indikator atau ada pesan yang muncul pada layar monitor. Catat perubahan dan pesan-pesan yang muncul. Jika ada perubahan status pada lampu indikator atau ada pesan-pesan yang ditampilkan, secara umum bisa dikatakan ada komunikasi antara sistem komputer dan printer.
- Kegagalan Berkomunikasi
Pertama-tama, pastikan printer sudah menyala dan terhubung ke komputer dengan benar. Periksa lampu dan tulisan pada printer untuk memastikan printer dalam keadaan siap. Beberapa jenis printer printer dilengkapi dengan lampu indikator; jenis printer lain menampilkan tulisan. Jika perlu, periksa panduan manual penggunaan printer untuk memahami sinyal-sinyal yang diindikasikan lampu. Jika ternyata printer tidak dalam keadaan siap, cari petunjuk mengenai hal ini. mungkin ada kertas yang macet didalm printer, persediaan kertas habis, atau tintanya habis. Jika tidak ada masalah dengan kertas atau tinta, matikan printer, tunggu sejenak, dan nyalakan kembali.
Tampilan jendela Printers and Faxes menunjukkan printer yang telah terinstal di dalam sistem dan sebagai pintu gerbang bagi Anda dalam mengatasi permasalahan lebih jauh lagi. |
Jika Anda mencetak dari media portabel seperti disket, flashdisk, CD, atau DVD, copy file terlebih ke dalam hardisk. Pastikan masih ada ruang di dalam hardisk (setidaknya tiga atau lima kali ukuran file) agar Windows dapat memproses file tersebut untuk kemudian dicetak kembali.
Jika printer terhubung melalui kabel khusus seperti USB hub, lepaskan kabel tersebut, hubungkan kabel printer langsung ke CPU, lalu coba cetak dokumen tersebut. Jika cara ini dapat mengatasi masalah, maka Anda perlu menyingkirkan kabel hub tersebut, atau printer Anda tidak akan berfungsi.
- Mencetak Halaman Percobaan
Jika dokumen yang akan dicetak tidak ada dalam daftar antrian pencetakan, coba cetak dokumen tersebut dari awal. Perhatikan apakah ada perubahan status pada printer yang ditunjukkan oleh lampu indikator atau ada pesan yang muncul pada layar monitor. Catat perubahan dan pesan-pesan yang muncul. Jika ada perubahan status pada lampu indikator atau ada pesan-pesan yang ditampilkan, secara umum bisa dikatakan ada komunikasi antara sistem komputer dan printer.
Mengirimkan perintah mencetak halaman percobaan kepada printer untuk menentukan apakah printer dan komputer berkomunikasi dengan baik. |
Jika Windows menampilkan pesan error (selain �This Document Failed To Print�) ketika Anda sedang mencetak, catat pesan tersebut dan baca kembali bagian pesan error yang telah dibahas didepan. Jika tidak ada pesan error tetapi dokumen tetap tidak dapat dicetak, periksa kembali status dokumen melalui kotak dialog Print Queue. Jika tidak ada status, atau printer menunjukkan adanya suatu proses, mungkin dokumen yang akan dicetak terlalu komplek dan membutuhkan waktu dalam memprosesnya, jadi tunggu sebentar sebelum Anda memutuskan untuk membatalkan pencetakan.
Jika status menunjukkan error � Printing, maka dokumen tersebut gagal dicetak. Seleksi dokumen dalam daftar antrian pencetakan di dalam kotak dialog print queue, klik menu Document lalu klik cancel. Periksa dokumentasi printer untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang ditunjukkan dengan sinyal-sinyal lampu indikator atau melalui pesan-pesan yang Anda catat, seperti misalnya ada kertas yang nyangkut, persedian kertas habis, atau kondisi tinta atau masalah-masalah mendasar lainnya.
Jika Anda tidak melihat adanya perubahan status printer atau pesan error dan dokumen tetap tidak dapat dicetak, batalkan pencetakan, klik kanan pada ikon printer, dan pilih Properties. Klik tab General, klik Print Test Page. Test Pages akan memeriksa kemampuan printer untuk mencetak teks dan grafik standar dan menyediakan informasi pada driver printer (program yang bertindak sebagai penghubung antara komputer dan printer).
- Halaman Percobaan Tidak Dapat Dicetak
Jika halaman percobaan tidak dapat dicetak, berarti tidak ada komunikasi antara komputer dengan printer. Pertama-tama, baca buku panduan penggunaan printer tentang cara-cara mencetak halaman percobaan. Jika printer tidak dapat mencetak, masalahnya ada pada printer itu sendiri dan sebaiknya Anda segera menghubungi layanan servis printer tersebut. Jika halaman percobaan dapat tidak dicetak, masalahnya ada pada komputer atau koneksinya.
Buka jendela Printers and Faxes, klik kanan pada ikon printer dan klik Properties. Klik tab ports dan cari printer Anda pada daftar yang ditampilkan. Printer paralel (yang memiliki konektor berukuran besar dengan lebar sekitar dua inci) diset ke LPT1. Printer USB (yang memiliki konektor perukuran kecil dengan lebar sekitar setengah inchi) diset ke port USB. Bila perlu ubah settingan port.
Apabila printer Anda tidak terhubung dengan port yang sesuai atau port tidak dalam keadaan terseleksi, printer tidak akan dapat mencetak. |
Jika Anda memiliki printer USB dan tidak dapat mengubahnya dari LPT1 (biasanya printer memiliki konektor paralel dan USB), hapus dan instal kembali printer tersebut (seperti yang akan dijelaskan pada paragraf kedua di bagian pembahasan Printer tidak terinstal). Jika Windows menyarankan menggunakan port, pilih USB. Jika tidak tersedia pilihan USB, hubungkan printer ke port USB yang lain atau lepaskan kabel printer USB. Jika ini tidak berhasil dan Anda yakin port USB komputer Anda baik-baik saja, hubungi layanan servis printer Anda. Anda juga dapat menginstal printer melalui kabel paralel jika komputer Anda memiliki port yang sesuai.
Jika setingan port sudah benar tetapi printer tidak juga bisa mencetak, hubungi layanan servis printer untuk meminta driver terbaru dan selanjutnya buka kembali jendela Printers and Faxes. Klik kanan ikon printer dan klik Properties dari menu drop-down yang muncul. Klik tab Advanced dan klik tombol New driver. Ikuti petunjuk-petunjuk yang ada untuk meng-update driver printer.
Jika hal ini tidak juga berhasil, port printer mungkin korup. Kembali ke daftar tampilan port, seleksi port, klik Delete port, kemudian restart Windows. Sistem akan mendeteksi printer dan menginstal ulang port tersebut. Jika tidak, ada kemungkinan komputer Anda yang rusak dan sebaiknya Adna segera menghubungi layanan servis komputer Anda untuk bantuan selanjutnya. Jika Windows dapat mendeteksi port tetapi tetap tidak dapat mencetak, hapus dan install ulang printer.
0 Response to "troubleshooting komputer - mencetak"
Posting Komentar